Even akbar tahunan Solo Batik Carnival (SBC) segera digelar kembali ke-11 kalinya pada 11-15 Juli 2018. 'Ika Paramarta' menjadi tema besar gelaran tahunan tersebut. Tema tersebut untuk mensikapi kondisi Indonesia saat ini dimana rasa Bhineka Tunggal Ika mulai redup.

Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta, ikut mendukung dengan mengirimkan Team Marching Band APN sebagai pembukan Grand Carnaval yang akan di laksanakan pada Hari Sabtu, 14 Juli 2018 Pukul 14.00 WIB. Kanaval akan berjalan dengan rute dari Stadion Sriwedari menjadi garis start dan berakhir di halaman Benteng Vastenburg.

Datang dan saksikan penampilan dari Team Marching band APN Surakarta bersama seluruh Model Artist dari Solo Batik Carnival ke - 11.

Pada tanggal 29 Mei 2018, bertepatan dengan 14 Ramadhan 1439 Hijriah

Taruna - Taruni Akademi Pelayaran Nasional Surakarta berbagi Takjil (makanan - minuman untuk berbuka puasa) kepada pengguna Jalan Adi Soemarmo Kartasura dan masyarakat di dekat kampus 1 APN Surakarta. Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah kepekaan sosial untuk taruna - taruni untuk saling berbagi antar sesama manusia. 

Aamiin...

Pada tanggal 7 - 10 Mei 2018, sebanyak 136 Taruna dan Taruni Akademi Pelayaran Nasional Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan ke Pelabuhan Merak Banten dan Pelabuhan Bakauheni Lampung . Kegiatan ini bertujuan untuk men edukasi sekaligus menambah wawasan taruna dan taruni APN Surakarta tentang dunia kerja yang akan mereka tempati besok setelah menyelesaikan pendidikan di kampus.