Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Akademi Pelayaran Nasional Surakarta menggelar upacara di Lapangan Kampus 2 APN , Senin (12/11/2018) pagi.

Upacara dihadiri Dosen Pengajar, Tenaga kependidikan, dan Taruna/i tingkat I sampai III.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kaprodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) yaitu beliau Bapak Supriyanta, S.Si, Kaprodi KPN membacakan amanat dari Menteri Sosial RI yg isinya mengajak seluruh elemen untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berani, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pejuang. Peringatan tersebut bukan hanya sebagai sebuah seremonial acara belaka akan tetapi harus sarat makna.

"Harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari. Harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun Indonesia" ungkapnya.

Mengambil tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" ini mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. Sehingga diharapkan dapat berinisiatif mengabdi dengan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

"Oleh karenanya, peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan," jelasnya.

Terlebih lagi, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya.

 

Masa Pembinaan Mental atau yang sering di singkat MABINTAL merupakan Agenda Tahunan yang Rutin di selenggarakan oleh Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta. Kegiatan Mabintal tahun 2018 ini di selenggarakan pada hari Kamis sampai dengan hari Sabtu tanggal 10 - 12 November 2018. Giat Mabintal bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para taruna tingkat pertama agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan cara hidup taruna di lingkup pendidikan, rangkaian kegiatan Mabintal ini berhubungan dengan kedisiplinan, sikap tangguh, bekerja secara efisien, dan tepat waktu, karena notabenenya APN Surakarta adalah sekolah dengan karakteristik disiplin demi membentuk pribadi yang bertanggungjawab, tangkas, dan taat pada peraturan yang sangat dibutuhkan dalam dunia pelayaran.

 

APN - Surakarta pada hari Jum'at 5 oktober 2018, menggelar serah terima taruna-taruni tingkat 3 APN Surakarta kepada pihak HPI Trainning Center Prambanan Taruna taruni tingkat 3 akan menjalani mata kuliah berbicara bahasa inggris (English Conversation) selama 1 semester di Candi Prambanan. mereka akan di bimbing dan di ajarkan bagaimana berbicara dengan bahasa inggris secara langsung dengan para wisatawan mancanegara di Taman Wisata Candi Prambanan. Mata kuliah ini di harapkan bisa menjadikan taruna taruni APN Surakarta memiliki kemampuan berbahasa inggris secara aktif dengan lawan bicara, hal ini sangat di butuhkan kelak dalam dunia pekerjaan yang mereka tekuni yaitu dunia pelayaran.

Setelah seminggu Staff batalyon telah melakukan penggalangan kepada seluruh civitas akademi baik itu dosen, karyawan, taruna dan taruni, Pada Tanggal 28 Oktober 2018 secara simbolik uang penggalangan dana kami sampaikan kepada LAZISMU atau Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat. Semoga dengan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban yang di pikul oleh saudara kita yang berada di lokasi bencana

Tepat Bulan September Akademi Pelayaran Nasional Surakarta genap 15 tahun dalam mendidik putra putri bangsa indonesia di bidang ilmu pelayaran. Dengan momentum ini APN Surakarta akan selalu berupaya menyelenggarakan pendidikan yang prima dalam mencetak Taruna Taruni yang siap dalam menghadapi tantangan global seperti saat ini.

Pada rangkaian acara Dies Natalis Ke XV, APN menyelenggarakan jalan sehat bagi Dosen, Staf, karyawan, dan seluruh Taruna Taruni APN, dilanjutkan untuk lomba tarik tambang dan pembagian Doorprize.