Pada hari Selasa, 05 November 2019, Taruna/i Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) APN Surakarta .

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar para taruna APN mengetahui tentang kepabeanan dan cukai lebih mendalam. Peserta kegiatan ini adalah Taruna Tingkat II / Semester III yang sedang menempuh mata kuliah Kepabeanan dan cukai.

Taruna disambut oleh Bapak Heru P Sembiring beserta tim di Aula lantai 4, dan menyampaikan materi-materi Bea dan Cukai kepada para Taruna. Taruna yang berjumlah 92 sangat antusias dan penuh semangat diawali dengan yel-yel khas taruna dalam menerima materi disertai dengan quiz dengan hadiah yang telah disiapkan oleh Beacukai Tj. Emas untuk Taruna-Taruni APN Tingkat II.

Setelah mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) Taruna melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tj Emas Semarang. Taruna serta Pembimbing KKL diterima di terminal penumpang Pelindo III oleh beliau Capt. Nuril Huda SSiT M.A., MMar lalu beliau memberi penjelasan jelaskan tentang keadaan Pelabuhan PT Pelindo III (Persero) Tj Emas Semarang dengan cara memutari area Terminal Penumpang PT Pelindo III, yang kebetulan sedang sandar sebuah kapal roro dan ada kegiatan bongkar muat batu bara di area pelabuhan. 

KKL sehari  tersebut merupakan bentuk kegiatan dari APN Surakarta dalam meningkatkan kompetensi Taruna sehingga diharapkan bisa menambah wawasan dan gambaran tentang dunia kepelabuhanan bagi Taruna.

(RGL - 2019)

APN - Surakarta pada hari Senin 28 oktober 2019, menggelar serah terima taruna-taruni tingkat III APN Surakarta  Tahun Akademik 2019/2020 kepada pihak HPI Trainning Center Prambanan.
Taruna taruni tingkat III akan menjalani mata kuliah berbicara bahasa inggris (
English Conversation) selama 1 semester di Candi Prambanan. mereka akan di bimbing dan di ajarkan bagaimana berbicara dengan bahasa inggris secara langsung dengan para wisatawan mancanegara di Taman Wisata Candi Prambanan. Mata kuliah ini di harapkan bisa menjadikan taruna taruni APN Surakarta memiliki kemampuan berbahasa inggris secara aktif dengan lawan bicara, hal ini sangat di butuhkan kelak dalam dunia pekerjaan yang mereka tekuni yaitu dunia pelayaran.

Akademi Pelayaran Nasional Surakarta Sebagai Perguruan Tinggi Terkemuka Akreditasi Institusi "B", Akreditasi Prodi "B", Membuka Lowongan Berkarir Sebagai Dosen

Persyaratan:

1. Pendidikan Minimal S2 / Magister, pada bidang ilmu

  • S2 Manajemen
  • S1 Manajemen

2. Berdomisili di Eks Karesidenan Surakarta

COME JOIN US !!!

Untuk Informasi Lebih lanjut bisa Klik link di bawah Ini

KLIK DISINI !!

APN Surakarta melaksanakan bakti sosial memberikan bantuan air bersih untuk masyarakat yang berlokasi di Dusun Bogor RT 3 RW 3, Desa Bojong, Kec. Wonosegoro, Boyolali Rabu (02/10/2019).

Kegiatan bakti sosial ini dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon beserta Anggota Staff Batalyon TA. 2019/2020 dan unsur pemerintah Desa Bojong, APN Surakarta pada hari tersebut mengirimkan 10 Tangki Air Bersih dari sumber air Tlatar Boyolali.

Kegiatan Baksos memberikan air bersih untuk masyarakat Desa Bojong, Wonosegoro ini dikarenakan cuaca saat ini sedang kemarau panjang sehingga masyarakat mengalami kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih.

Masyarakat Desa Bojong sangat antusias mendapatkan bantuan air bersih, masyarakat bersyukur dan menghaturkan terimakasih karena sudah membantu masyarakat mendapatkan air bersih karena air merupakan sumber kehidupan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Pada tanggal 26 Agustus 2019 bertempat di Hotel Pramesthi Kartasura APN Surakarta menggelar event tahunan yaitu Kuliah Perdana untuk calon taruna-taruni. Pada acara kuliah perdana dibuka oleh Bapak Drs. Hardi, M.Pd., yang merupakan Direktur APN Surakarta mengutarakan bahwa calon taruna APN Surakarta berasal dari ujung timur  Sampai Ujung barat Indonesia, ini merupakan sebuah bukti bahwa walaupun berbeda tempat asal, tapi mempunyai satu tujuan yaitu menuntut Ilmu, lalu pendidikan di APN Surakarta adalah pendidikan tanpa kekerasan tapi membuat taruna menjadi sosok yang disiplin dan berkarakter kuat.

Pada acara kuliah perdana juga diselenggarakan seminar nasional dengan tema "Prospek Dunia Kemaritiman Dan Pengelolaan Pelabuhan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Wawasan Kebangsaan Bela Negara" dengan pembicara dari Profesional pengelola pelabuhan nasional  "Bapak Dody Sambodo S.H., M.M." dan Komandan Kodim 0726 Sukoharjo "Bapak Letkol Inf. Chandra Ariyadi Prakosa, S.IP, M.Tr (Han) "

Setelah pemaparan materi, DanDim Sukohrajo mengajak peserta asal papua dan seluruh peserta kuliah perdana untuk mengikrarkan bersama menolak berita hoax, yang merusak ketahanan nusantara.

Tepat Bulan September Akademi Pelayaran Nasional Surakarta genap 16 tahun dalam mendidik putra putri bangsa indonesia di bidang ilmu pelayaran. Dengan momentum ini APN Surakarta akan selalu berupaya menyelenggarakan pendidikan yang prima dalam mencetak Taruna Taruni yang siap dalam menghadapi tantangan global seperti saat ini.