Panitia Lomba PBB menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada peserta yang sudah melaksanakan pendaftaran langsung ke Kampus APN Surakarta. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Calon peserta masih dalam agenda Penilaian Akhir Semester (PAS)
  2. Calon peserta yang akan mendaftar langsung ke Kampus APN terkendala dengan cuaca
  3. Penutupan pendaftaran, Rabu 12 Desember 2018 bertepatan dengan agenda kampus yaitu Kuliah Kerja Lapangan ke Semarang
  4. Memberikan kesempatan kepada calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan lebih maksimal

 

Maka, panitia menyampaikan  pengumuman sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Lomba PBB diterima sampai dengan hari Rabu, 19 Desember 2018 pukul 15.00 WIB
  2. Pendaftaran dengan menyampaikan nama sekolah dan identitas
  3. Apabila daftar anggota tim dan surat rekomendasi dari sekolah masih dalam proses, dapat disusulkan / dibawa pada saat technical meeting
  4. Technical Meeting dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Desember 2018 pukul 09.00 WIB di Kampus 2 Akademi Pelayaran Nasional Surakarta
  5. Satu sekolah mengirimkan satu tim, 
  6. Pendaftaran multiteam / Satu Sekolah mengirimkan lebih dari satu tim, belum dapat dilaksanakan pada Lomba PBB periode ini

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari peserta,  kami ucapkan terima kasih.

 

<<DOWNLOAD FORM PENDAFTARAN>>

<<PETUNJUK TEKNIS LOMBA>>

 

 

Pada hari Rabu 12 Desember 2018, Taruna Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sesuai dengan kurikulum akademik APN Surakarta.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar para taruna APN memahami kepabeanan dan cukai lebih mendalam. Peserta kegiatan ini adalah Taruna Tingkat II / Semester III yang sedang menempuh mata kuliah Kepabeanan.

Taruna disambut oleh Bapak Heru P Sembiring beserta tim, dan menyampaikan materi-materi Bea dan Cukai kepada para Taruna. Taruna yang berjumlah 68 sangat antusias dan penuh semangat dalam menerima materi disertai dengan quiz dengan hadiah yang telah di siapkan untuk Taruna-Taruni APN Tingkat II.

Setelah mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) Taruna melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas Semarang. Disana di jelaskan tentang keadaan lapangan oleh crew TPKS dengan cara memutari area TPKS yang dilengkapi dengan alat yang bernama ARTG (Automated Rubber Tyred Gantry) untuk memindahkan petikemas dengan cara menkontrol dari jarak jauh dari ruang yang bernama Control Room. 

KKL sehari  tersebut merupakan bentuk kegiatan dari APN Surakarta dalam meningkatkan kompetensi Taruna.

Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Akademi Pelayaran Nasional Surakarta menggelar upacara di Lapangan Kampus 2 APN , Senin (12/11/2018) pagi.

Upacara dihadiri Dosen Pengajar, Tenaga kependidikan, dan Taruna/i tingkat I sampai III.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kaprodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) yaitu beliau Bapak Supriyanta, S.Si, Kaprodi KPN membacakan amanat dari Menteri Sosial RI yg isinya mengajak seluruh elemen untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berani, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pejuang. Peringatan tersebut bukan hanya sebagai sebuah seremonial acara belaka akan tetapi harus sarat makna.

"Harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari. Harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun Indonesia" ungkapnya.

Mengambil tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" ini mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. Sehingga diharapkan dapat berinisiatif mengabdi dengan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

"Oleh karenanya, peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan," jelasnya.

Terlebih lagi, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya.

 

Akademi Pelayaran Nasional Surakarta Menyelenggarakan Lomba PBB untuk tingkat Sekolah Menengah Atas Sederajat Se-Kabupaten Sukoharjo Jawa tengah, Lomba PBB tersebut akan di selenggarakan pada tanggal 5 Januari 2019. Untuk tempat pendaftaran lomba bisa diterima saat jam Kerja pada hari Senin - Sabtu di Kampus 2 APN Surakarta. Batas akhir pendaftaran lomba pada hari Rabu 12 Desember 2018. Segera daftarkan team dari sekolah anda karena Kuota Terbatas !!

<<DOWNLOAD FORM PENDAFTARAN>>

<<PETUNJUK TEKNIS LOMBA>>

 

Untuk Info lebih lanjut bisa kontak via Telp/SMS/Whats-App di nomor 081 393 55 4545.

 

 

Masa Pembinaan Mental atau yang sering di singkat MABINTAL merupakan Agenda Tahunan yang Rutin di selenggarakan oleh Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta. Kegiatan Mabintal tahun 2018 ini di selenggarakan pada hari Kamis sampai dengan hari Sabtu tanggal 10 - 12 November 2018. Giat Mabintal bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan para taruna tingkat pertama agar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan cara hidup taruna di lingkup pendidikan, rangkaian kegiatan Mabintal ini berhubungan dengan kedisiplinan, sikap tangguh, bekerja secara efisien, dan tepat waktu, karena notabenenya APN Surakarta adalah sekolah dengan karakteristik disiplin demi membentuk pribadi yang bertanggungjawab, tangkas, dan taat pada peraturan yang sangat dibutuhkan dalam dunia pelayaran.