Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengutus tiga taruna/i dan satu dosen pembimbing untuk mengikuti Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019

Lomba debat ini merupakan lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jawa Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yakni Rabu hingga Jumat tanggal 26 – 28 Juni 2019 di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

“Disini mahasiswa juga menambah wawasannya agar menjadi insan cerdas dan kompetitif,” ujar pembimbing lomba debat APN Surakarta, Bapak Arif Nofa Sugiyanto, S.Pd, MM.

Sementara itu, Pembantu Direktur III APN Surakarta, Drs. H. Widodo ATT-III, MM., mengatakan, melalui debat ini, pihaknya mendorong peningkatkan daya saing setiap mahasiswa, termasuk alumni.

“Melalui debat seperti ini, mahasiswa bisa meningkatkan kemampuannya untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

 

Pada tanggal 18  Mei 2018, bertepatan dengan 13 Ramadhan 1439 Hijriah

Taruna - Taruni Akademi Pelayaran Nasional Surakarta berbagi Takjil (makanan - minuman untuk berbuka puasa) kepada pengguna Jalan Adi Soemarmo Kartasura dan masyarakat, tepatnya di depan kampus 1 APN Surakarta. Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah kepekaan sosial untuk taruna - taruni untuk saling berbagi antar sesama manusia. 

Ramadhan Mubarok

 

Upacara memperingati Hari Kartini di Akademi Pelayaran Nasional Surakarta dilaksanakan Hari Senin tanggal 22 April 2019 yang bertepatan dengan Apel Komando setiap hari senin. Seluruh petugas upacara adalah Taruni APN Surakarta, dari petugas lapangan sampai Inspektur upacara semua adalah Wanita. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai wanita Indonesia penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini.

Selaku Inspektur upacara yaitu beliau Ibu Shinta Mardiana Dewi, S.Sos., M.Si menyampaikan tentang emansipasi yang kental kaitannya dengan Raden Ajeng Kartini, beliau menjelaskan "kaum wanita pada jaman sekarang adalah memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar dan mencari ilmu, karena dengan ilmu kita bisa mencapai cita-cita yang kita inginkan"

Taruna-taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta  menyelenggarakan kuliah kerja lapangan (KKL) di wilayah Jawa Timur dan Bali. Acara ini dilaksanakan tanggal 28 April - 02 Mei 2019 dan diikuti oleh 70 Taruna serta 5 Dosen pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menambah wawasan dan  pengetahuan penerapan keilmuan ketatalaksana pelabuhan di lapangan, khususnya dalam lingkup kepelabuhanan.

Kunjungan dimulai di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yang merupakan Pemegang otoritas pelabuhanan di wilayah tanjung perak Surabaya, Pada kunjungan ini taruna diberikan materi di selingi diskusi diisi dengan tanya jawab seputar tentang otoritas pelabuhan oleh pejabat di KOP Surabaya. Kunjungan selanjutnya menuju ke PT PELINDO III (Persero) Surabaya lalu turun ke lapangan ke dermaga PT Nilam Port Terminal Indonesia.

Kunjungan dilanjutkan setelah makan siang menuju ke Depo Prapat Kurung PT Meratus Line Indonesia, Kami di sambut oleh Bapak Muzamil selaku supervisi Depo prapat kurung PT Meratus Line, taruna di bagi menjadi 2 yaitu ada yang terjun langsung ke lapangan dan ada yang diberikan materi di dalam ruangan. kunjungan terakhir di surabaya adalah di terminal penumpang milik PELINDO III (Persero) yaitu Gapura Surya Nusantara, disana kami di berikan penjelasan tentang penyebrangan penumpang menggunakan kapal laut dari salah satu operator yaitu PT Dharma Lautan Utama Surabaya.

Hari berikutnya rombongan mengunjungi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi. Acara dibuka oleh General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang yaitu Bapak Fahmi Alweni lalu dilanjutkan dengan diskusi antara Pejabat di lingkungan PT ASDP bersama Taruna taruni APN Surakarta. Setelah dirasa cukup dalam diskusi acara kunjungan ini ditutup dengan saling bertukar cinderamata.

Hari terakhir dalam kunjungan ini rombongan menghabiskan waktu di pulau bali di temani dengan guide asli bali. Pada hari kamis jam 09.00 rombongan sampai di Kampus 1 APN Surakarta dengan sehat tanpa ada kendala suatu apapun. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dalam ilmu kemaritiman bagi taruna APN Surakarta.

Dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Program Pendidikan Vokasi yang berkualitas, khususnya Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, LLDIKTI Wilayah VI menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Vokasi di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan tema "Kebijakan Kemenristekdikti dalam Penguatan Mutu dan Relevansi Pendidikan Tinggi Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0"

Dalam rangka tersebut Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan harapan bisa memperoleh arahan tentang pendidikan Vokasi di Indonesia arahan langsung oleh Kemenristekdikti yaitu Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D