Print
Category: BERITA
Hits: 1509

Taruna-taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta  menyelenggarakan kuliah kerja lapangan (KKL) di wilayah Jawa Timur dan Bali. Acara ini dilaksanakan tanggal 28 April - 02 Mei 2019 dan diikuti oleh 70 Taruna serta 5 Dosen pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menambah wawasan dan  pengetahuan penerapan keilmuan ketatalaksana pelabuhan di lapangan, khususnya dalam lingkup kepelabuhanan.

Kunjungan dimulai di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yang merupakan Pemegang otoritas pelabuhanan di wilayah tanjung perak Surabaya, Pada kunjungan ini taruna diberikan materi di selingi diskusi diisi dengan tanya jawab seputar tentang otoritas pelabuhan oleh pejabat di KOP Surabaya. Kunjungan selanjutnya menuju ke PT PELINDO III (Persero) Surabaya lalu turun ke lapangan ke dermaga PT Nilam Port Terminal Indonesia.

Kunjungan dilanjutkan setelah makan siang menuju ke Depo Prapat Kurung PT Meratus Line Indonesia, Kami di sambut oleh Bapak Muzamil selaku supervisi Depo prapat kurung PT Meratus Line, taruna di bagi menjadi 2 yaitu ada yang terjun langsung ke lapangan dan ada yang diberikan materi di dalam ruangan. kunjungan terakhir di surabaya adalah di terminal penumpang milik PELINDO III (Persero) yaitu Gapura Surya Nusantara, disana kami di berikan penjelasan tentang penyebrangan penumpang menggunakan kapal laut dari salah satu operator yaitu PT Dharma Lautan Utama Surabaya.

Hari berikutnya rombongan mengunjungi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi. Acara dibuka oleh General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang yaitu Bapak Fahmi Alweni lalu dilanjutkan dengan diskusi antara Pejabat di lingkungan PT ASDP bersama Taruna taruni APN Surakarta. Setelah dirasa cukup dalam diskusi acara kunjungan ini ditutup dengan saling bertukar cinderamata.

Hari terakhir dalam kunjungan ini rombongan menghabiskan waktu di pulau bali di temani dengan guide asli bali. Pada hari kamis jam 09.00 rombongan sampai di Kampus 1 APN Surakarta dengan sehat tanpa ada kendala suatu apapun. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dalam ilmu kemaritiman bagi taruna APN Surakarta.