Print
Category: BERITA
Hits: 740

Pada hari Selasa, 05 November 2019, Taruna/i Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) APN Surakarta .

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar para taruna APN mengetahui tentang kepabeanan dan cukai lebih mendalam. Peserta kegiatan ini adalah Taruna Tingkat II / Semester III yang sedang menempuh mata kuliah Kepabeanan dan cukai.

Taruna disambut oleh Bapak Heru P Sembiring beserta tim di Aula lantai 4, dan menyampaikan materi-materi Bea dan Cukai kepada para Taruna. Taruna yang berjumlah 92 sangat antusias dan penuh semangat diawali dengan yel-yel khas taruna dalam menerima materi disertai dengan quiz dengan hadiah yang telah disiapkan oleh Beacukai Tj. Emas untuk Taruna-Taruni APN Tingkat II.

Setelah mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) Taruna melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tj Emas Semarang. Taruna serta Pembimbing KKL diterima di terminal penumpang Pelindo III oleh beliau Capt. Nuril Huda SSiT M.A., MMar lalu beliau memberi penjelasan jelaskan tentang keadaan Pelabuhan PT Pelindo III (Persero) Tj Emas Semarang dengan cara memutari area Terminal Penumpang PT Pelindo III, yang kebetulan sedang sandar sebuah kapal roro dan ada kegiatan bongkar muat batu bara di area pelabuhan. 

KKL sehari  tersebut merupakan bentuk kegiatan dari APN Surakarta dalam meningkatkan kompetensi Taruna sehingga diharapkan bisa menambah wawasan dan gambaran tentang dunia kepelabuhanan bagi Taruna.

(RGL - 2019)