Print
Category: BERITA
Hits: 1748

Sebanyak 130 taruna-taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta program studi (Prodi) Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan program Diploma III Angkatan ke-XIII resmi diwisuda di Hotel Lor In Solo, Sabtu (14/12).

Direktur APN Surakarta Beliau Drs. Hardi M.Pd., menegaskan, lautan bukan pemisah antarpulau. Justru merupakan pemersatu bangsa. Pengelolaan pelabuhan dan transportasi laut punya peran vital dalam bidang ekonomi, politik, hingga sosial budaya. 

“Termasuk di bidang pertahan dan keamanan. Transportasi laut merupakan urat nadi dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan dikelolanya pelabuhan secara profesional, mulai dari ujung timur hingga barat, maka akan memberikan dampak positif tercapainya poros maritim,”

Sebab itu, taruna-taruni APN Surakarta diharapkan mengamalkan ilmunya memajukan bidang kemaritiman. “Dengan diwisudanya taruna dan taruni pada hari ini (kemarin), berarti kembali muncul ahli madya baru bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga dan kepelabuhan,” ucap direktur APN Surakarta

APN Surakarta merupakan kampus pelayaran dengan akreditasi B, baik prodi dan instansi juga menggandeng sejumlah instansi pelayaran pemerintahan maupun swasta guna memberikan pelayanan akademik terbaik. “Terbukti, sebagian yang diwisuda hari ini (kemarin) sudah bekerja. Seperti lulusan kita atas nama Mustaqim Majid sudah bekerja di PT Samudra Indonesia, kemudian lulusan terbaik Eva Putri Purnamasari bekerja di PT Samudra Indah Prakasa Semarang. Masih banyak lainnya. Ini bukti bidang pelayaran sangat menjanjikan,”