Print
Category: BERITA
Hits: 8481

 

 

Pada hari Sabtu 6 Januari 2018 Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mewisuda 114 taruna/taruninya di Ballroom Puri Kencono Lor In Hotel Solo. Taruna yang diwisuda berasal dari program studi Diploma Tiga Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.

Rata-rata masa studi yang ditempuh adalah 3 tahun 0 bulan, meskipun demikian ada pula yang berhasil menyelesaikan studi lebih cepat dalam waktu 2 tahun 10 bulan yaitu Budi Susanto, A.Md. IPK tertinggi 3,83 diraih oleh Reni Purnamasari, A.Md. Wisudawan terbaik diberikan kepada Dhani Imam Shafaat A.Md, dengan kriteria selama mengikuti perkuliahan di APN menunjukkan prestasi akademik dan non akademik yang baik, pernah menjabat sebagai komandan staf batalyon taruna, dan setelah dinyatakan lulus sidang tugas akhir langsung di pesan untuk bekerja di PT Arpeni Pratama Ocean Line yang telah mempunyai kerjasama dengan APN Surakarta.

Wisuda kali ini diawali dengan parade marching band APN surakarta, dilanjutkan penampilan tari gambyong. Setelah ketua senat menyatakan sidang senat dibuka, dilanjutkan pembacaan petikan surat keputusan Direktur tentang kelulusan taruna tahun akademik 2017/2018. Dilanjutkan prosesi pedang pora, dan prosesi wisuda seluruh wisudawan.

Koordinator Kopertis Wilayah VI berkenan memberikan sambutan, yang disampaikan oleh Bapak Ngadiyanto, ST, M.Kom selaku kasi kelembagaan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas perjuangannya selama menempuh kuliah di APN. Koordinator juga menyampaikan terima kasih kepada APN yang telah menciptakan iklim pendidikan yang kondusif, dan mendorong APN untuk mempertahankan kualitas pembelajaran dan meningkatkannya. Pada akhir prosesi wisuda ada penampilan beladiri dan tari dari kalimantan yang di tampilkan oleh taruna APN.

Lulusan Akademi Pelayaran Nasional telah terserap di dunia kerja, 90 persen alumninya bekerja di bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga dan kepelabuhan, ada juga yang bekerja di bidang  swasta lain sebagai staf ekspor impor, perpajakan, dll.

Kualitas APN telah dibuktikan dengan diraihnya peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Peningkatan kualitas pendidikan dilaksanakan dengan penguatan pendidikan karakter, menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber dari praktisi kemaritiman dan kemiliteran, kuliah kerja lapangan di instansi pelayaran, praktek english conversation selama tiga bulan di taman wisata candi prambanan, praktek darat (magang kerja) selama satu semester, dan berbagai kerjasama dengan instansi negeri maupun swasta.