Print
Category: BERITA
Hits: 6970

Pada hari Rabu 12 Desember 2018, Taruna Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas). Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sesuai dengan kurikulum akademik APN Surakarta.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar para taruna APN memahami kepabeanan dan cukai lebih mendalam. Peserta kegiatan ini adalah Taruna Tingkat II / Semester III yang sedang menempuh mata kuliah Kepabeanan.

Taruna disambut oleh Bapak Heru P Sembiring beserta tim, dan menyampaikan materi-materi Bea dan Cukai kepada para Taruna. Taruna yang berjumlah 68 sangat antusias dan penuh semangat dalam menerima materi disertai dengan quiz dengan hadiah yang telah di siapkan untuk Taruna-Taruni APN Tingkat II.

Setelah mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas (KPPBC TMP Tanjung Emas) Taruna melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Terminal Peti Kemas Semarang. Disana di jelaskan tentang keadaan lapangan oleh crew TPKS dengan cara memutari area TPKS yang dilengkapi dengan alat yang bernama ARTG (Automated Rubber Tyred Gantry) untuk memindahkan petikemas dengan cara menkontrol dari jarak jauh dari ruang yang bernama Control Room. 

KKL sehari  tersebut merupakan bentuk kegiatan dari APN Surakarta dalam meningkatkan kompetensi Taruna.